Rabu, 10 Desember 2014

Viet Nam (2): Cu Chi Tunnel

Hari Ketiga: Cu Chi dan Saigon

Cu Chi Tunnel Network

Pagi ini saya dan rombongan berkendara menuju Hoc Mon District mengunjungi Cu Chi Tunnel.
Pasti pernah dengar Cu Chi Tunnel, kan...? Salah satu tujuan wisata sejarah terkenal peninggalan perang Viet Kong. Cu Chi berjarak sekitar 60 km sebelah barat laut dari Kota Ho Chi Minh di Vietnam Selatan. Cu Chi Tunnels adalah jaringan ruang bawah tanah yang rumit sepanjang 250 km terdiri atas terowongan dan ruang di bawah kota. Selama perang di Vietnam, ribuan orang hidup dalam sistem jaringan ruang bawah tanah yang rumit itu. 


Watch inside!
Terowongan ini digunakan oleh tentara Viet Kong sebagai tempat bersembunyi selama pertempuran melawan Perancis di tahun 1948, dan terus dikembangkan dan digunakan selama lebih dari 25 tahun. Terowongan ini berfungsi sebagai rute komunikasi dan jalur pasokan makanan dan senjata, rumah sakit, dan tempat tinggal untuk para pejuang Vietnam Utara. Sistem terowongan yang di desain free-fire ini juga sangat penting bagi Viet Kong dalam melawan pasukan Amerika.

sharp bamboo needles
Petualangan hari ini bagi saya jauh lebih seru dibanding Mekong Tour kemarin. Di sini saya belajar sejarah, diperlihatkan sisa peninggalan perang Viet Kong: area bekas ledakan bom, ranjau, tank, aneka jebakan dan trik yang dibuat Viet Kong melawan penjajah, senjata dan bom,  dan yang utama mengagumi sistem terowongan dan ruang bawah tanah yang mereka bangun. Saya mencoba untuk masuk menyusuri sempitnya terowongan yang gelap dan pengap sejauh beberapa puluh meter, dan membayangkan bagaimana Viet Kong dulu berjuang hidup dalam terowongan tersebut bertahun-tahun dalam kondisi perang. Sungguh berat...!


Tank Perang
Manekin Viet Kong

Bom saat perang
Masuk terowongan

Tour hari ini ditutup dengan pemutaran film dokumenter perang Viet Kong, sehingga wisatawan benar-benar mendapatkan gambaran yang utuh: menelusuri lokasi, melihat peninggalan perang, dan menyaksikan dokumenter.




  




Begini cara Vietkong bersembunyi



Ala Viet Kong

Cukup setengah hari saja untuk mengeksplor Cu Chi Tunnel, setelah makan siang saya dan teman-teman menghabiskan waktu keliling Saigon City: mengunjungi taman kota, makan Pho khas Vietnam, membeli souvenir dan gak lupa menikmati kopi Viet Nam. Selain Pho, Viet Nam terkenal dengan kopinya yang enak. Warung kopi tersebar di sepanjang jalan utama. Jika kamu lebih suka coffee shop modern, rekomendasi saya adalah Highlands Coffee; coffee shop sekelas Starbucks dengan cita rasa lokal. Jangan lupa beli Trung Nguyen Coffee sebagai oleh-oleh ya...

Segarnya makan Pho asli Viet Nam

Vietnamese Coffee

Highlands Coffee Shop

Siang berlalu, sore menjelang..., kami kembali ke penginapan untuk check out dan segera menuju Tan Son Nhat International Airport. Dari Ho Chi Minh City di selatan Vietnam, kami menuju Hanoi di utara Vietnam.
To be continued...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar